Fayakhun Andriadi dan Masyarakat Pasca Industri



Fayakhun Andriadi menjadi salah satu politisi muda Partai Golkar yang sedang bersinar. Saat ini, Fayakhun dipercaya menjadi ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta. Selain itu, ia juga dipercaya menjadi wakil rakyat dua periode berturut-turut sejak tahun 2009 sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari dapil 2 yang dikenal sebagai dapil neraka bagi Partai Golkar. Sebagai politisi muda, bidang keahlian Fayakhun adalah bidang teknologi infromasi. Hal ini sesuai background Fayakhun Andriadi sendiri. Tidak hanya pernah berkuliah di jurusan komputer, ia juga tercatat juga pernah menjadi dosen di jurusan elektro fakultas teknik Universitas Negeri Semarang.
Dalam salah satu bukunya yang berjudul “Demokrasi di Tangan Netizen”, Fayakhun pernah mengutip ramalan Daniel Bell sangat legendaris. Tertulis dalam bukunya The Coming of Post-Industrial Society (1973), Daniel  Bell pernah menyatakann bahwa “jika modal dan tenaga kerja adalah ciri utama masyarakat industri, maka ciri masyarakat pasca industri adalah informasi dan pengetahuan.”
Mengacu pada ramalan Daniel Bell di atas, sebenarnya kita saat ini sudah mulai memasuki dunia masyarakat pasca industri. Dalam dunia dengan ciri masyarakat industri seperti diungkapkan di atas, peran infromasi dan pengetahuan menjadi hal yang sangat penting. Peran sumber daya yang lain seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia menempati urutan di bawahnya. Oleh karena itu, jika kita tidak pandai-pandai menyikapi pentingnya peran informasi dan pengetahuan, kita akan tertinggal dari negara lain.
Globalisasi yang didukung oleh kemajuan teknologi dan informasi membuat limitasi jarak tidak lagi menjadi hambatan (borderless). Meminjam ungkapan David Held, teknologi dan informasi mengandung keluasan (extencity), kekuatan (intencity), kecepatan (velocity), dan dampak (impact) luar biasa yang tidak terbayangkan sebelumnya. Keempat hal itulah yang membuahkan peluang sekaligus ancaman dalam upaya memajukan kualitas kehidupan umat manusia melalui pemanfaatan jaringan internet.
Dunia saat ini seolah dipersempit oleh benda baru yang bernama “internet”. Manusia dari berbagai sudut penjuru dunia dapat terhubung dan berkomunikasi secara cepat, bahkan real time. Alur informasi yang cepat ini memanjakan sekaligus membuat ruang pribadi menjadi nyaris tidak ada. Data mengenai identitas pribadi dapat diketahui oleh pihak-pihak yang memiliki kuasa terhadap teknologi informasi. Tidak hanya tentang identitas pribadi, aktifitas kita juga terekam secara tepat dan cepat oleh benda yang bernama internet tadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fayakhun Andriadi, Politik yang Amanah

Ketimpangan Ekonomi dalam Pandangan Fayakhun Andriadi