Fayakhun : Sebagai Pembentuk Karakter



Menurut Fayakhun Jika kurikulum baru 2013 dapat direalisasikan dengan baik di tataran lembaga pendidikan, maka anak-anak bangsa pastinya mempunyai karakter-karakter yang matang. Selain itu, menurut Fayakhun dapat mengimplementasikan ilmunya dalam masyarakat. karena konsep kurikulum baru 2013 tersebut mengandung pendidikan karakter bagi anak. mereka bukan hanya diajari untuk cerdas secara kognitif, akan tetapi mereka juga didik untuk memiliki sikap serta keterampilan. Sehingga, jika kurikulum tersebut dapat terealisasi kan dengan baik maka tujuan pendidikan nasional pun akan terealisasi kan.
Murid tidak hanya dijadikan pekerja, bagi Fayakhun itulah yang akan diterapkan dalam kurikulum baru. Akan tetapi, murid akan dibentuk untuk menjadi orang yang berpotensi sesuai dengan apa yang diminati nya. Sehingga setelah lulus dari sekolah, tidak ada murid yang tidak mempunyai keahlian. Selain mempunyai potensi, murid juga akan dicetak mempunyai nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan. Oleh karenanya, menurut Fayakhun mereka mempunyai kepribadian dan karakter yang matang.
Seperti yang melatarbelakangi adanya kurikulum 2013, menurut Fayakhun murid akan dicetak tidak hanya cerdas secara kognitif. Akan tetapi, dalam kurikulum ini murid akan dicetak sebagai cerdas dalam tiga aspek.
Dengan adanya kurikulum baru ini, Fayakhun berpendapat diharapkan tidak ada lagi tindak pelanggaran yang akan dilakukan oleh orang-orang terdidik. Apalagi tawuran antar pelajar ataupaun mahasiswa, bahkan dengan adanya kurikulum 2013 tersebut, akan meminimalisir terjadinya kasus tindakan korupsi. Tetapi ada catatan penting bagi pemerintah jika ingin mencetak anak bangsa seperti itu, menurut Fayakhun yakni kurikulum itu harus diimplementasikan dengan baik di tataran lembaga pendidikan. segala aspek yang mendukung harus dilaksanakan oleh pemerintah. Baik itu berupa kebijakan atau persiapan fisik seperti pelatihan guru untuk mengimplementasikan kurikulum. Karena guru sebagai penggerak utama pengimplementasian kurikulum. Jika guru tidak diberi pelatihan dengan baik, maka kurikulum juga tidak akan terlaksana dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fayakhun Andriadi, Politik yang Amanah