Benang Merah Gagasan Fayakhun Andriadi (I)


Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Fayakhun Andriadi, merupakan sosok intelektual progresif yang banyak melahirkan gagasan. Tidak sekedar berjibaku dalam dunia politik, gagasannya pun banyak bertebaran menghiasi jagad pemikiran. Ada banyak benang merah yang bisa ditarik dari berbagai pemikriannya tersebut :      
Bidang Politik Digital
Politik digital merupakan bidang Fayakhun Andriadi sebagaimana kualifikasi akademiknya. Berbagai ulasan mengenai hal ini banyak bermunculan baik dalam bentuk buku maupun artikel pendek. Fayakhun pernah mengupas bagaimana peran internet sebagai media pengenalan politik generasi muda yang notabene mereka adalah calon pemilih baru dalam kontestasi pemilu. Meski belum ada penelitian yang valid mengenai dampak internet terhadap partisipasi politik, tetapi dengan melihat grafik perkembangan pemilih seperti yang terjadi dalam Pilkada 2015, Fayakhun meyakini bahwa internet membawa sumbangsih positif terhadap peningkatan partisipasi politik kaum muda.
Pada tahun 2015 Fayakhun juga menulis peran internet dalam mendulang popularitas calon wali kota, terutama dalam pemilihan wali kota surabaya. Melalui kecanggihan internet, dinamika Pilwalkot Surabaya bisa terekam dengan baik sehigga memudahkan para pengamat untuk mengambil analisa.   
Bidang Pemerintahan
Banyak ulasan serta kritik Fayakhun Andriadi terkait pemerintahan, terutama untuk wilayah DKI Jakarta di era Fauzi Bowo. Dalam analisis Fayakhun, Jakarta mengundang segudang problematika dari yang rumit sampai yang sepele. Fayakhun menulis berbagai ulasan mulai dari banjir, kemiskinan, soal Joki 3 in 1, kesehatan, pendidikan yang tidak merata, sampai soal buruknya manajeman tata kota. Topik Jakarta memang banyak dibicarakan oleh siapapun, baik yang peduli maupun mencela pemerintahan.
Dalam berbagai tulisannya, Fayakhun Andriadi, lebih banyak mengedepankan aspek solusi, tidak sekedar mengemukakan kritik. Dalam soal banjir misalnya, Fayakhun menekankan agar membangun komunikasi yang efektif antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Hal ini dilakukan agar banjir bisa diatasi bersama. Begitu juga dalam soal pemerataan pendidikan, Fayakhun mengajak agar pemerintah daerah dan pusat lebih serius menata pendidikannya. 
Bidang Pertahanan Keamanan
Ada dua hal yang disoroti Fayakhun Andriadi dalam soal pertahanan keamanan. Pertama, pertahanan fisik. Fayakhun mendorong agar pemerintah bisa mandiri dalam penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung pertahanan negara. Termasuk dalam pengadaan alutsista, Fayakhun berharap agar pemerintah mengupayakan penyediaanya dari dalam negri sendiri, tidak perlu mengimpor dari negara lain.
Kedua, pertahanan di dunia maya. Hari ini adalah era dunia digital dimana kejahatan cyber bisa menganggu stabilitas negara. Karena itu, Fayakhun mengharap agar pemerintah bisa menyiapkan langkah strategis dalam upaya pertahanan di dunia maya.     


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fayakhun Andriadi, Politik yang Amanah